Breaking News

Uji Karya Siswa Madtsamuda bersama Prodi Matematika UMM

 Uji karya siswa. Salah satu siswi Madtsamuda mempresentasikan karyanya.(Tegar Yahsya/PWMU.CO)


mtsm2karangasem.sch.id – Uji karya siswa Madtsamuda (MTs Muhammadiyah 2) Pondok Pesantren Karangasem dilaksanakan di Program Studi (Prodi) Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (4/5/2024).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 56 siswa-siswi kelas 9 Information Technology Class Program (ITCP) MTs Muhammadiyah 2 Ponpes Karangasem (Madtsamuda).

Wakil Kepala Kurikulum Madtsamuda, Husnul Anim MPd menjelaskan, uji karya ini wajib dilaksanakan bagi kelas 9 untuk memperoleh sertifikat dari UMM.

“Hal tersebut karena kelas IT Madtsamuda bekerjasama dengan UMM untuk kurikulumnya. Adapun modul yang digunakan siswa IT Madtsamuda telah setara dengan mahasiswa D1 UMM,” tuturnya.

Anim juga menjelaskan bahwa ujian yang dilaksanakan adalah presentasi karya siswa berupa desain bangunan. Dari jumlah 56 siswa tersebut dibagi menjadi 3 kelas dan masing-masing kelas berisi 20 anak dan bergantian untuk presentasi karya masing-masing.

“Anak-anak sungguh kreatif dalam membuat karyanya. Ada yang membuat desain rumah impiannya bahkan ada juga yang membuat kost-kostan. Semoga saja suatu saat mereka akan membuat bangunan sesuai dengan impian mereka,” ungkapnya.

Uji karya akhir kelas 9 tahun ini merupakan hal baru bagi Madtsamuda. Hal tersebut karena baru tahun ini kelas IT Madtsamuda berangkat ke UMM untuk uji karya tersebut sedangkan sebelumnya belum ada.

Meskipun baru pertama kali dilaksanakan oleh Madtsamuda namun hal ini mendapatkan tanggapan yang cukup baik dari pihak UMM.

“Saya tidak menyangka anak setingkat SLTP bisa presentasi layaknya anak SLTA, bahkan lebih bagus,” ungkap Anis Farida Jamil MPd, penguji sekaligus Dosen Prodi Matematika UMM.

Selain itu, salah satu wali dari kelas IT juga mengaku bangga dan tidak menyangka putranya dapat berbicara di depan teman bahkan dosen UMM. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Madtsamuda karena telah mengantarkan dan mendampingi anak-anak ke UMM.

“Terimakasih kepada Madtsamuda karena telah mengantarkan dan mendampingi anak-anak sampai tahap ini,” ungkap wali Ananda Tsania Nabila Azzahwa kelas 9IT Putri.

Wijdan Isyfin Wicaksono, salah satu siswa yang mengikuti uji karya di UMM juga menyampaikan bahwa dirinya merasa grogi karena ditanyai oleh dosen yang ada di UMM. Akan tetapi karena karya tersebut adalah karyanya sendiri sehingga ia cukup memahami desainnya.

Anim juga menambahkan bahwa pada hari Kamis (9/5/2024) khusus kelas IT akan diadakan wisuda pengukuhan kelas IT. Wisuda pengukuhan tersebut juga rencananya akan mengundang Muhammad Said SPd MPd Ketua Dikdasmen PDM Lamongan dan Fakhrudin, Ketua Dikdasmen PCM Paciran. (*)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.